Pemkab Lahat Terima Penghargaan WTP Enam Kali Berturut- Turut

by -

MUSISATU.COM- LAHAT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat, enam kali berturut – turut meraih penghargaan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP). Laporan pengelolaan keuangan Pemerintah Daerah tahun 2019 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Pencapaian ini tidak lepas upaya keras yang dilakukan Pemkab lahat dalam memperbaiki pelaporan, pengelolaan keuangan, pengelolaan aset, peningkatan SDM pegawai dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

banner 300250
Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan Harry Purwaka SE MSF Ak CSFA CA menyaksikan Bupati Lahat dan Wakil Pimpinan DPRD Lahat menandatangani LKPD.

”Terima kasih kepada seluruh jajaran dan SKPD Kabupaten Lahat atas upaya kerja kerasnya selama ini sehingga tercapai opini Wajar Tanpa Pengecualian enam kali berturut- turut,” ungkap Bupati Lahat, Cik Ujang SH melalui  Inspektur Inspektorat Lahat,  Yunisa Rahman,  usai menerima penghargaan WTP yang diserahkan Kepala BPK RI Perwakilan Sumatera Selatan (Sumsel) di Gedung BPK perwakilan Sumsel Kota Palembang, Selasa (22/6).

Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan Harry Purwaka SE MSF Ak CSFA CA menyerahkan penghargaan LHP BPK RI kepada Bupati Lahat dan Ketua DPRD Lahat Fitrizal Chomzi.

Lanjutnya, dengam capaian kembali meraih WTP.  Merupakan bukti kalau Pemkab Lahat transparan dan akuntabel dalam pengelolaan keuangan daerah.  Meski demikian,  hasil yang dicapai ini akan menjadi motivasi bagi kita kedepan sehingga lebih baik lagi dalam hal pengelolaan keuangan.

Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan Harry Purwaka SE MSF Ak CSFA CA foto bersama dengan Bupati Lahat, Cik Ujang SH dan Ketua DPRD Lahat Fitrizal Chomzi.

Ditambahkanya,  Pemkab Lahat sendiri berharap kedepan sinergi dan pembinaan terus di lakukan BPK sehingga pengelolaan keuangan pemkab Lahat,  sejalan dan sesuai dengan ketentuan perundang undangan.  Tak hanya itu,  pembinaan diberikan agar proses pengelolaan keuangan tidak salah.

“Ya adanya sinergi dan pembinaan kedepan Pemkab Lahat tidak ragu dan takut takut dalam hal mengelola keuangan,” tambahnya.

Hadir dalam penerimaan tersebut, Ketua DPRD Lahat Fitrizal Chomzi, Kepala BKD Lahat Sahabadi dan lainnya.

banner 300250

Sementara Ketua DPRD Lahat, Fitrizal Chomzi mengucapkan selamat kepasa Kabupaten Lahat yang mampu memperoleh penilaian atau opini dari BPK yaitu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) enam kali berturut-turut.

Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan Harry Purwaka SE MSF Ak CSFA CA foto bersama dengan Bupati Lahat, Cik Ujang SH dan Ketua DPRD Lahat Fitrizal Chomzi serta jajaran Pemkab Lahat.

Ini artinya bahwa laporan keuangan berdasarkan bukti-bukti audit yang dikumpulkan, telah dianggap menyelenggarakan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan sebaik-baiknya. Kalaupun ada temuan maka temuan tersebut tidak dianggap signifikan terhadap pengambilan keputusan. Tapi tahun depan temuan itu harus diperbaiki dan tidak terulang kembali.

DPRD Kabupaten Lahat sendiri melihat bahwa kinerja Pemerintah Daerah selama ini cukup memuaskan. Opini WTP yang diberikan BPK bertujuan meningkatkan kualitas kinerja agar semakin efektif dan efisien sesuai dengan visi dan misi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Lahat. “Yang pada gilirannya mampu meningkatkan kualitas hidup di segala bidang bagi masyarakat Kabupaten Lahat lebih baik lagi dan bercahaya,” ungkapnya.(gti)